Sejarah

gedung-arsitektur-uns
Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret berdiri pada tahun 1979. Keberadaannya dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan sarjana arsitektur (profesi, akademisi, atau birokrasi). Mahasiswa Jurusan Arsitektur berasal dari SMA di berbagai kota di Indonesia. Lulusan dari Jurusan Arsitektur saat ini bekerja di berbagai bidang lapangan kerja yang tersebar di berbagai tempat bahkan di luar negeri.
Dengan usaha seluruh civitas akademika dari waktu ke waktu, Jurusan Arsitektur kini memiliki kelembagan yang kuat, sarana-prasarana yang lengkap, serta sumber daya manusia yang semakin mengingkat baik jumlah, kualitas dan keragamannya. Dalam beberapa periode terakhir Program Studi Arsitektur telah terakreditasi A oleh BAN-DIKTI.
Mulai tahun 2006 Jurusan Arsitektur UNS selain menyelenggarakan Program Studi Arsitektur juga menyelenggarakan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota. Lahirnya Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota diawali oleh keberadaan Laboratorium Kota dan Pemukiman, peran serta Pusat Informasi dan Pembangunan Wilayah LPPM UNS, dan didukung oleh adanya jalinan jejaring dengan Kementerian Negara Perumahan Rakyat RI dan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah lewat Program PDPP LGSP USAID. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota sejak tahun 2010 telah terakreditasi B oleh BAN PT Dikti.