Visi, Misi, dan Tujuan

Visi Program Studi Arsitektur adalah menghasilkan sarjana teknik dalam bidang ilmu arsitektur yang dipersiapkan menjadi arsitek profesional dan bertaraf internasional, berdaya saing tinggi serta berbudaya nasional yang mengakar pada kearifan lokal.
Misi Program Studi Arsitektur UNS:
  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang mengantarkan mahasiswa menjadi sarjana teknik dalam bidang ilmu arsitektur yang berkemampuan akademik dan kesiapan menjadi sarjana profesional dalam bidang rekayasa arsitektur, berbudaya nasional yang mengakar pada kearifan lokal dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Melaksanakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS) Arsitektur yang berbudaya nasional dan mengakar pada kearifan lokal.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang rekayasa yang relevan dengan disiplin keilmuan arsitektur yang berbasis pada budaya nasional dan mengakar pada kearifan lokal.
TUJUAN
a)     Menghasilkan lulusan berkualitas yang memiliki kemampuan untuk tanggap terhadap permasalahan yang ada di masyarakat dan merumuskan alternatif solusi khususnya berkaitan dengan perencanaan dan perancangan arsitektur dengan indikator IP tinggi, lulus tepat waktu dan segera terserap dalam dunia kerja, baik sebagai karyawan atau wiraswasta.
b)     Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk membuat perencanaan dan perancangan arsitektur dengan menggunakan metode ilmiah dalam kerja penelitian.
c)     Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan ilmu arsitektur, khususnya melalui pengabdian, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang berbudaya.